7.5.11

Mobil Baru Seharga Rp 30 Juta Produksi Indonesia

1 komentar
Indonesia sudah ancang-ancang untuk memproduksi mobil lokal yang harganya sangat murah. Mobil ini diprediksi harganya berkisar antara Rp 30 juta sampai dengan Rp 40 juta.

Mengenai rencana produksi mobil murah dengan komponen lokal ini disampaikan Deputi Menko Perekonomian bidang Industri dan Perdagangan Edy Putra Irawady. Dia mengatakan Indonesia menargetkan bisa memproduksi 1.000 unit mobil murah pada tahun 2012. Mobil murah itu mencakup 2 jenis yakni mobil kluster IV dan mobil low cost.

Mobil kluster IV harganya berkisar Rp 30 sampai 40 juta per unit. Sedangkan harga mobil low cost akan dijual dengan kisaran harga Rp80 juta per unit. Produksi mobil murah ini untuk meningkatkan industri otomotif dalam negeri. "Supaya turn over policy lebih cepat, jadi jangan ditahan demand itu," kata Edy di kantornya, di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (4/5).

Mobil murah ini diharapkan bisa menjadi mobil nasional karena komponennya yang menggunakan produk lokal. Rencananya, produksi mobil murah ini akan digarap oleh PT INKA ataupun perusahaan patungan.


Dia mengatakan produksi mobil murah ini tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah yang akan menghemat penggunaan bahan bakar minyak, sebab mobil murah ini akan menggunakan bahan bakar gas. Selain itu akan ada kebijakan fiskal yang mengatur makin tua makin mahal pajak mobil, pajak progresif dan ada policy rangsangan, misalnya ada daerah yang mau menarik mobil lama, maka akan nol persen pajaknya.

Pemerintah akan membebaskan PPnBM. Dengan kebijakan ini mobil tidak lagi diartikan sebagai barang mewah, karena sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Selanjutnya, kata dia masyarakat akan berpindah ke mobil murah. “Ini supporting policy-nya," kata Edy.***

One Response so far

  1. Anonymous says:

    dari awal tahun,,menunggu progres dari mobnas,,blomm ad realisasinya...jgn sampai mobnas project dipolitisasi lg bt pemilu 2014...etap maju bangsaku...!!!

Leave a Reply

Silahkan Berikan Komentar Agar Pengunjung Circle 888 Bisa Mengunjungi Anda. Trims.

Related Posts with Thumbnails