The Largest Indonesian Visual Blog

26.7.24

Pengkhianatan Di Balik Bilik Dapur


Masalah kehidupan rumah tangga selalu menjadi cerita menarik untuk diangkat ke layar kaca. Banyak drama sinetron yang diambil dari kisah permasalahan antara suami-istri ini.

Menuangkan ide cerita masalah kehidupan rumah tangga menjadi cerita yang menarik, tentunya harus memiliki banyak konflik yang saling berkaitan dengan apa yang dialami oleh tokoh utamanya. 

Semakin banyak konflik, cerita tentunya akan semakin menarik. Penulis bisa saja berupaya untuk membuat sesuatu yang tak terduga-duga dalam cerita yang ditulisnya. 

Contoh sinopsis drama televisi yang sarat konflik bisa disimak dalam sinopsis FTV berjudul : "PENGKHIANATAN DI BALIK BILIK DAPUR" yang sudah tayang di Video dan Indosiar.   

Elina [29] seorang pebisnis, dia sudah punya rumah sedangkan suaminya kerja bantu bisnisnya. Elina menampung ibu mertuanya karena seorang janda dan hanya punya anak satu-satunya. Elina gak punya anak selama 3 tahun pernikahan dan gak ada yang bahas tentang anak karena Elina pernah kehilangan. Tapi tiba-tiba dia dapat sebuah kotak misterius di meja rias di rumah. Elina teriak kaget karena Isinya baju bayi yang pernah dia beli dan ada darah yang menempel. Tangan Elina gemetar waktu dia baca ada isi pesan menyakitkan. Elina dibilang wanita yang egois karena gak bisa jaga bayinya dulu. Elina pekerja keras karena dulu bisnisnya lagi sukses sampai dia lupa lagi hamil dan akhirnya kelelahan serta kehilangan.

Elina jadi down setelah dapat pesan itu. Faris [30] suaminya melihat perubahan Elina yang jadi malas makan bahkan kesulitan tidur. Elina gak mau ceritain apa yang dia dapat karena dia anggap itu emang hukuman untuk dia. Tapi setelah itu, terornya terus menerus datang. Pas Elina ke kantor, dia buka tas kerjanya, ada foto USG di tas Elina dan itu bikin Elina kaget karena foto itu udah dia bakar, terbukti dari foto yang setengahnya udah terbakar. Elina mulai menebak-nebak siapa yang melakukannya? Elina bahkan dapat spam chat dari nomor yang gak dikenal. Isinya sangat menjudge dirinya terlalu mengejar kekayaan.

Malamnya, Elina melihat suaminya pulang. Faris bilang baru selesai ketemu client.  Dalam hatinya gak mungkin kan suaminya yang menerornya. Faris aja sibuk kerja bantu urus bisnisnya. Tapi dia yakin ini pasti orang terdekatnya. Pas Faris naik ke atas kasur, Elina nanya ke Faris. Apakah Elina sangat egois sampai gak peduli sama keluarga? Apakah Elina terlalu sibuk bekerja sampai dia lupa suaminya? Apakah seharusnya dia di rumah aja? Gak usah lagi urus bisnis? Biar Faris aja yang urus? Faris bingung kenapa Elina nanya gitu dan Elina pun mencoba cerita ke Faris. Faris menduga kalau itu ibunya. Faris pun bilang kalau ibunya memang sempat nanyain cucu lagi dan kapan mereka punya anak. Elina sempat gak percaya karena mertuanya itu baik. Tapi akhirnya Elina bilang kalau dia juga ingin punya anak, tapi memang belum dikasih kan. Faris bilang akan coba bicara sama ibunya. Faris pun bilang, kalau seandainya Elina mau istirahat dulu juga dari pekerjaannya gak apa-apa. Dia bisa urus sendiri juga kok gak masalah. Tapi balik lagi, apa yang menurut Elina menyenangkan jalani aja. Gak usah terlalu dipikirkan soal anak udah Tuhan atur.

 

Keesokan harinya, pagi-pagi Elina dengar suara bayi. Elina keluar dan Bu Yeni [50] mertuanya lagi gendong bayinya Rahma [25] pembantu mereka yang baru kembali lagi ke Jakarta. Elina memeluknya karena udah anggap Rahma kaya adiknya sendiri. Rahma tumbuh besar bersama Elina dulu. Elina anak broken home, jadi dia suka ditinggal ibunya kerja. Sementara ibunya Rahma dulu kerja jadi pembantu Elina.  Tapi pas ibunya Elina meninggal mereka pun pulang kampung. Elina menjual rumahnya dan tinggal di apartemen. Gak lama setelah pulang ke kampung, Elina dapat kabar kalau Rahma udah menikah, tapi setelah 1 tahun, Rahma pisah dengan suaminya. Rahma putus asa dan akhirnya untuk mengusir kegundahannya, Elina menawarkan Rahma kembali ke Jakarta untuk bekerja di rumahnya setelah Elina menikah sama Faris. Rahma kembali ceria dan 3 bulan kedatangannya di Jakarta, baru ketahuan kalau Rahma tengah hamil. Beberapa bulan yang lalu Rahma melahirkan di kampung dan baru kembali lagi ke Jakarta untuk kerja lagi.

 

Elina senang karena di rumah mereka ada bayi, tapi hari demi hari. Rahma merasa cemburu karena Faris dan Bu Yeni kelewat terlalu dekat sama Rahma. Elina jadi beban pikiran karena merasa Faris dan Bu Yeni kok kayanya kelihatan banget pengen Elina hamil. Di sisi lain, Elina juga jadi berpikir, siapa yang sebenarnya meneror dia? Apa benar Bu Yeni? Atau justru Faris, atau malah jangan-jangan Rahma? Pas lagi bengong, Rahma deketin Elina dan nanya kenapa setelah kepulangan Rahma, Elina jadi kelihatan murung. Apakah Elina merasa terganggu dengan kedatangan bayinya? Elina senyum dan bilang dia malah senang karena rumahnya ramai. Cuma…, Elina ceritalah tentang teror itu dan bilang kalau itu bikin dia kepikiran. Rahma pun menyemangati Elina dan dia ngasih tahu promil yang bagus. Rahma bersemangat membantu Elina untuk hamil.

 

Rahma jadi buatin buah-buahan dan makanan sehat lainnya. Tapi teror itu kembali datang waktu Elina nemu kotak di dalam lemarinya ada boneka yang rusak, isi busanya keluar, dia dapat tulisan surat berdarah kalau pernikahannya diambang kehancuran kalau dia masih sibuk di luaran sana. Hari-harinya hanya sibuk bekerja dan gak bisa memberikan anak. Elina merasa marah, dia memecahkan barang dan mengundang kedatangan Rahma. Rahma menenangkannya dan membuang boneka itu. Bu Yeni pun datang dengan membawa bayinya Rahma. Dia nanya ada apa tapi Elina berteriak dan bilang kalau Bu Yeni pasti yang melakukan teror padanya. Dia gak berhak mengatur kehidupan rumah tangganya! Elina sudah berusaha keras untuk hidupnya! Seharusnya Bu Yeni berterima kasih karena sudah diberikan tempat tinggal. Bahkan Faris punya kerjaan karenanya, sebelumnya Faris bukan siapa-siapa. Jadi Elina minta Yeni berhenti melakukan itu padanya. Bu Yeni jelas tidak mengerti, tapi dia sakit hati dengan perkataan Elina dan bilang akan pergi dari rumah ini. Bu Yeni memberikan bayi yang dia gendong ke Rahma untuk membereskan bajunya.


Rahma jadi serba salah, dia pun mengejar Bu Yeni ke kamar dan bilang kalau Elina sedang tidak dalam emosi yang stabil. Bu Yeni jangan membawanya ke hati dan coba untuk sedikit lebih mengerti karena Elina saat ini frustasi terkait anak. Apalagi Rahma pulang bawa bayi, dia pasti semakin merasa tertekan. Bu Yeni abis itu mencoba mengerti dan bilang kalau dia akan bantu untuk menenangkan Elina juga. Bu Yeni bilang ke Rahma, seandainya aja Rahma yang jadi menantunya, dia pasti senang. Apalagi melihat si baby yang lucu, Bu Yeni senang bisa urus bayinya setiap hari. Omongan Bu Yeni ini didengar sama Elina dan itu bikin Elina sakit hati. Sementara Rahma tertawa dan bilang kalau Bu Yeni udah dia anggap seperti ibunya sendiri selama di Jakarta.

 

Elina pagi-pagi banget udah bangun bikin Faris kebangun dari tidurnya. Faris nanya mau kemana dan Elina bilang mau joging dan langsung berangkat kerja. Faris pun bilang kalau sebaiknya Elina jangan memforsir dirinya karena beberapa hari ini Faris lihat kalau Elina capek banget. Elina jawab iya tapi dengan judes. Elina masih kesal soal kemarin tapi dia gak mau cerita sama Faris meski Faris udah nanya. Akhirnya, untuk menyenangkan hati Elina, Faris bilang kalau dia udah lama gak dinner sama Elina, sepulang kerja nanti dia mau ngajak Elina dinner. Elina awalnya gak mau tapi setelah Faris cium Elina dan membujuknya sampai tertawa, akhirnya Elina mau, tapi karena harus ketemu client, dia bilang ketemu langsung aja di tempat.

 

Sepulang kerja, Elina pun ke restoran yang udah mereka sepakati. Tapi Elina malah nabrak seseorang yang ternyata Geri [30] mantannya. Geri excited ketemu sama Elina yang makin cantik karena beberapa tahun yang lalu pas masih pacaran, Elina itu gemuk. Akhirnya mereka jadi ngobrol dan pesan makan bareng. Elina gak tahu kalau Geri udah balik ke Indonesia karena terakhir kan mereka pisah gara-gara LDR dan Geri sibuk sama kuliahnya. Geri ceritain kalau dia udah selesai dan kerja di RS keluarganya sekarang. Geri nanya Elina datang sama siapa dan Elina bilang kalau dia lagi nunggu suaminya. Abis itu mereka pun ketawa-tawa pas nostalgia. Elina cerita kalau dia kurus karena stres setelah kehilangan anaknya. Geri ikut sedih dan ngajak bertukar nomor HP, siapa tahu Elina membutuhkan bantuannya karena ibunya Geri kan dokter kandungan. Elina tuker nomor dan pas Geri pergi, Faris pun datang. Faris nanya itu siapa dan Elina bilang kalau itu temannya.

 

Faris dan Elina pun pesan makanan dan pas lagi makan, Faris bilang kalau dia mau cari hadiah buat Rahma karena habis melahirkan belum kasih kado ke anaknya. Elina cemburu, tapi juga dia ingat kalau dia pun belum kasih hadiah. Akhirnya  
mereka cari stroller bersama, tapi Elina makkk jleb hatinya karena Faris kelihatan senang banget dan senyum terus ke salesnya, bilang kalau itu untuk anaknya. Elina pas di mobil jadi pendiam, Elina bilang apakah Faris mau banget ya punya anak? Faris bilang mau karena pasti lucu dehh mirip dia. Elina pun diam-diam buat perjanjian sama Geri untuk konsul sama ibunya. Tapi pas lagi konsul, ya dokter bilang seharusnya Elina datang dengan suaminya. Karena kan program hamil gak cuma satu orang yang harus berjuang.

 

Akhirnya, pas makan malam bersama, Elina bilang kalau dia mau konsul ke obgyn terkait promil. Mereka semua senang mendengarnya karena Elina akhirnya mau konsul ke dokter. Faris pun nanya kenapa tiba-tiba Elina mau konsul? Selama ini kan Elina gak mau. Elina cerita kalau dia sebenarnya gak mau karena takutnya salah satu dari mereka ada yang bermasalah dan saling menyalahkan kalau promilnya gak berhasil. Tapi Faris memeluk Elina dan bilang kalau dia gak akan melakukan itu karena dia cinta dan sayang sama Elina. Bu Yeni juga menyemangati Elina, begitupula Rahma bilang akan bantu sediakan makanan sehat sampai promilnya berhasil. Elina berterima kasih dan dia pun minta maaf sama Bu Yeni tentang kemarin tapi Bu Yeni bilang kalau dia mengerti dan gak membawanya ke hati.

 

Elina terbangun di pagi buta, dia bingung kemana Faris karena gak ada di sampingnya. Pas dia keluar kamar, masih gelap. Dia pun turun dari kamar dan gak sengaja dengar seperti ada orang yang berbicara. Elina pun manggil suaminya, tapi gak ada sahutan. Elina cek ke ruang kerja lantai bawah, ternyata suaminya tertidur di sana. Elina gak enak mau bangunin, dia pun nutupin Faris pakai selimut. Abis itu Elina ke dapur ambil minum dan mau balik ke kamarnya untuk siap-siap jogging. Tapi pas Elina baru nutup pintu kamarnya, dia malah mendengar suara orang berteriak. Elina keluar lagi, begitu juga Yeni yang kebangun. Pas mereka nyalain lampu, mereka kaget melihat Rahma terjatuh dari tangga. Faris muncul baru bangun nanya ada apa dan Elina histeris minta Faris bawa Rahma ke rumah sakit.

 

Dokter bilang gak ada yang perlu dikhawatirkan karena hasil tes menunjukkan baik-baik saja. Tapi Yeni bilang, terus kenapa Rahma belum juga sadarkan diri. Yeni merasa kasihan dengan bayinya. Dokter bilang Rahma cuma pingsan, dia akan sadarkan diri, jadi biarkan dia istirahat. Elina masih bertanya apa benar gak ada masalah apa-apa? Karena dia bingung apa yang terjadi, tapi suaminya bilang kalau di tangga itu memang agak licin. Bisa jadi Rahma mau ke lantai atas karena biasanya dia bangun pagi ambil pakaian kotor. Faris menenangkan Elina, menyuruhnya untuk pulang istirahat dan menunda untuk ke dokter obgyn. Pas lagi di lobby nunggu jemputan, Elina ketemu sama Geri lagi. Geri bilang kalau dia abis operasi dan baru selesai pagi ini. Kebetulan, Elina ceritakan kalau dia baru kena musibah dan minta Geri untuk bantu menjadwalkan ulang ke dokter obgyn karena sekarang situasinya sedang tidak memungkinkan. Geri bilang oke, tapi dengan syarat Elina mau diantar bersamanya karena kelihatannya Elina gak baik-baik aja. Elina awalnya menolak, tapi Geri memaksanya.

 

Pas di mobil, Geri nyuruh Elina tunggu sebentar. Gak lama, dia datang bawa selimut dan juga makanan. Geri nyuruh Elina makan dulu sebelum mereka pulang. Elina bilang akhir-akhir ini kehidupannya agak berantakan. Entah dari mana mulanya, tapi rasanya dia kaya hidup di dalam mimpi buruk yang gak selesai. Geri nanya, kenapa sama pembantu, Elina sampai segitunya. Elina jelasin kalau Rahma itu udah kaya keluarganya. Elina anggap Rahma adiknya dan dulu saat orang lain banyak yang bully Elina, Rahma jadi satu-satu temannya di rumah. Jadi Elina gak perlu main keluar untuk bisa punya teman. Geri hela napasnya, dalam hatinya dia kasihan karena dia tahu latar belakang keluarga Elina yang broken home. Sekarang Elina udah gak punya siapa-siapa karena ibunya.

 

Elina sampai di rumah dan langsung masuk setelah Geri pergi. Rumahnya sepi karena semuanya ada di rumah sakit. Pas mau masuk, ada kurir yang anter paket. Elina langsung menerimanya meski dia rasa gak pesan apa-apa. Elina pun buka paket itu dan dia menjatuhkan kotaknya karena kaget ada foto dia sama Geri sejak ketemu di restoran, ke dokter obgyn sampai tadi di mobil. Dia dapat surat lagi isinya kalau dia wanita penggoda. Gak bisa kasih anak tapi bermain di belakang suami. Elina ketakutan karena dia seperti diikuti oleh orang yang bahkan dia gak tahu siapa dia. Elina langsung menutup semua jendela rumahnya dan menutupnya rapat. Tapi dia melihat sesuatu yang janggal. Dia melihat HP Rahma yang menyala di dekat pot bunga. Elina langsung mengambilnya dan melihat kalau itu lagi merekam.

 

Elina mengeceknya dan kakinya langsung lemas waktu dia tahu isi rekamannya. Elina nelepon Geri lagi dengan gemetar. Sampai di rumah, Geri langsung menangkap tubuh Elina yang hampir pingsan. Geri menonton video itu yang isinya Faris dan Rahma keluar dari ruang kerja bersamaan. Lalu Rahma buru-buru naik tangga tapi Faris mengejarnya dan menariknya hingga jatuh ke bawah. Faris kelihatan panik dan langsung lari kembali masuk ke ruang kerja. Dan terjadilah kejadian selanjutnya yaitu Yeni dan Elina keluar dari kamar dan kaget lihat Rahma jatuh. Elina bingung, sebenarnya apa yang terjadi di antara mereka?

 

Faris lihat Elina datang sama Geri ke rumah sakit . Dia berusaha menyembunyikan emosinya dan pura-pura tersenyum. Tapi Elina tahu kalau itu senyum palsu. Elina menunjukkan HP Rahma ke Yeni dan bilang kalau Faris pelakunya. Faris bingung dengan apa yang Elina bicarakan.  Sementara Yeni kaget waktu lihat video itu. Yeni menampar Faris dan bertanya apa yang terjadi? Faris mau menjelaskan tapi polisi datang narik dia. Meski dia memberontak. Sifat asli Faris akhirnya dia tunjukkan karena Faris bilang kalau dia akan balas menuntut perselingkuhan Elina dengan Geri. Faris juga bilang kalau Elina gak bisa kasih anak tapi malah main  
belakang dengan mantan! Elina terkejut karena kata-kata itu hampir sama dengan surat teror yang dia dapat. Jadi selama ini Faris memata-matai dia?

 

Yeni mohon-mohon ke Elina untuk membebaskan anaknya tapi Elina gak peduli. Tak lama Rahma sadarkan diri. Elina memeluk Rahma dan bilang kalau dia akan memproses hukum apa yang udah Rahma alami ini. Rahma malah menangis dan kemudian mengakui semuanya. Kaki Elina makin lemas waktu dengar semuanya, tapi Geri berhasil memeluknya. Jadi benar, selama ini yang meneror dia, suaminya sendiri. Sebenarnya Faris ingin berpisah sama Elina, tapi karena dia merasa terikat dengan hal yang Elina punya terkait bisnis, rumah dll, dia gak bisa lepas gitu aja. Intinya Faris mau bikin istrinya down perlahan supaya bisa menguasai bisnis dan mengambil harta seluruhnya. Setelah itu, dia baru akan menikah resmi sama Rahma. Yeni marah, maksudnya nikah resmi apa? Rahma mengaku kalau dia nikah siri di kampung dengan Faris dan memiliki anak yaitu bayi yang Yeni gendong. Yeni shock karena anaknya melakukan itu, dia bilang kalau Rahma dan Faris benar-benar keterlaluan. Berani-beraninya mereka melakukan itu. Elina juga gak bisa berkata apa-apa karena orang yang dia percaya ternyata sejahat itu padanya.

 

Rahma bersimpuh memohon maaf, dia bilang khilaf karena waktu itu Faris menawarkan kebahagiaan, di mana Rahma sendiri lagi down setelah menjanda. Tapi sekarang Rahma sadar kalau dia benar-benar berdosa. Waktu Faris melakukan itu terlalu jauh, Rahma pun berusaha untuk menghentikannya. Bahkan mensupport Elina untuk hamil dengan bantu promil. Semalam Rahma bilang ke Faris kalau dia mau menyudahi semuanya karena Elina bilang serius mau promil dan periksa ke dokter. Dia mau pulang kampung aja dan bawa anaknya, lupain Faris. Rahma gak mau menyakiti Elina lebih dalam lagi. Tapi Faris melarangnya dan mereka sempat berdebat hingga pagi tadi. Jadi yang Elina dengar tadi pagi itu memang pertengkaran mereka. Rahma sembunyi di bawah kolong meja dan Faris pura-pura tidur. Setelah Elina balik ke kamar, Rahma terpikir untuk mengakui kesalahannya saat itu juga. Tapi waktu dia lari ke tangga, Faris berusaha mencegahnya, tapi dia malah menariknya terlalu kencang, sehingga jatuh dari tangga.

 

Elina bilang kalau Rahma gak tahu rasa berterima kasih, padahal dia udah banyak bantu Rahma dan ibunya di kampung sering dia kirimi uang. Elina bilang kalau ibunya gak salah dan Rahma mohon untuk gak bilang ke ibunya di kampung karena Ibunya gak tahu kalau Faris ini suami Elina. Elina menangis histeris, tapi Geri memeluknya erat. Geri bilang udah saatnya Elina menyingkirkan parasit di hidupnya. Elina abis itu menyuruh mereka keluar dari rumahnya. Dia tetap akan memproses hukum, tapi berkaitan dengan teror yang dia dapatkan kemarin. Yeni udah memohon agar anaknya dimaafkan dan dia melepaskan bayi yang dia gendong, bilang gak akan mengakui cucunya. Tapi Elina gak mau, karena apa yang Geri  bilang benar. Dia mau menyingkirkan parasit di dalam hidupnya.

 

Setelah itu proses hukum berjalan, Faris masuk penjara dan Elina menerima lamaran Geri. Mereka sudah pernah pacaran, jadi mengenal satu sama lain. Putusnya mereka dulu bukan karena adanya pengkhianatan tapi karena Geri sibuk mengejar karirnya. Sekarang Geri udah jadi dokter, dia masih mencintai Elina dan mau menikahinya. Setelah mereka menikah, gak lama Elina hamil. Sekarang Elina tahu, Tuhan memang punya rahasia yang tidak akan bisa manusia tebak. Manusia cuma bisa berencana, tapi sisanya hanya Tuhan yang tahu. Elina dan Geri pun berencana melakukan honeymoon dan babymoon sekaligus karena setelah menikah mereka sibuk kerja.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar yang Sopan. Trims.

  

  

idcloudhost | ssd cloud hosting indonesia

Salam!

Siapkan secangkir kopi hangat☕ Nikmati Circle888, The Largest Indonesian Visual Blog.
Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar dunia bisnis, hiburan, selebritis, olahraga, teknologi, video, serta tips-tips menarik yang akan menambah wawasan Anda.🙏

Blog Arsip

REKOMENDASI

  

  

  

  

  

  

Trading

Label

Berita (563) Selebritis (264) sepakbola (242) Kesehatan (153) bisnis (144) Video (138) Misteri (124) crypto (120) Iptek (94) Persib Bandung (91) Bandung (86) tips (77) Timnas Indonesia (67) Olahraga (56) Wisata (55) persib (54) Liga Indonesia (51) internet (49) relationship (48) bitcoin (44) Penampakan (35) game (34) indonesia (33) sepak bola (33) timnas (33) video lucu (33) Musik (24) Gadget (22) pssi (22) Kriminal (20) Rumah (18) Unik (17) resep masakan (17) viral (16) Wanita (15) BlackBerry (13) batu akik (13) Film (12) Liga 1 (11) Otomotif (11) Smartphone (10) Ring (9) koleksi (9) teknologi (9) Inggris (8) SEO (8) Trading (8) jepang (8) Handphone (7) Komputer (7) Malaysia (7) Opini (7) irfan bachdim (7) istri (7) properti (7) Italia (6) Sergio van Dijk (6) facebook (6) timnas u-19 (6) ISL (5) Jakarta (5) Sea Games (5) YouTube (5) ade londok (5) cinta (5) liverpool (5) murah (5) psikologi (5) tips SEO (5) Bali United (4) Hantu (4) Perang (4) Persija (4) Piala AFF (4) barcelona (4) desain (4) download (4) hiburan (4) info (4) madura united (4) mistik (4) odading mang oleh (4) piala asia (4) polisi (4) politik (4) thailand (4) trik (4) twitter (4) Bali (3) Hotel (3) Israel (3) Kredit Rumah (3) Kuntilanak (3) Nokia (3) Ramalan (3) Uang (3) Uruguay (3) Vietnam (3) Vina Garut (3) batu bacan (3) bitcoin gratis (3) david beckham (3) evan dimas (3) gaza (3) gonzales (3) hukum (3) laptop (3) mitra kukar (3) nikah (3) rock (3) sulap (3) Diego Michiels (2) Dijual (2) Febri Hariyadi (2) Feng Shui (2) Hape (2) Hollywood (2) IPL (2) Illija Spasojevic (2) Imlek (2) Inter Milan (2) Jerman (2) Jokowi (2) K-pop (2) KPR (2) Konser (2) Korea (2) LPI (2) LSI (2) Lebaran (2) Lionel Messi (2) Lucu (2) Lukisan (2) Marcos Flores (2) Mati (2) Messi (2) Michael Jackson (2) Mobil (2) Naga (2) New Zealand (2) Persipura (2) Sheila Marcia (2) Spanyol (2) Surabaya (2) TV (2) Tasikmalaya (2) Turki (2) batu combong (2) black opal (2) ezechiel n'douassel (2) fifa (2) gaji (2) google (2) gratis (2) irak (2) jual (2) khodam (2) kolektor (2) korea selatan (2) maitimo (2) mudik (2) myanmar (2) pantai (2) persebaya (2) rekor (2) suami (2) survei (2) teknik SEO (2) vanuatu (2) wisata Bandung (2) Anime Jepang (1) Bhayangkara FC (1) Bibit Samad (1) Blackpink (1) Briptu Agus (1) Bruno Matos (1) Carlos Slim (1) Carton Cole (1) Cendrawasih (1) Champagne (1) Cibiru (1) Cihanjuang (1) Cimahi (1) Ciwaruga (1) Darya Klishina (1) Denpasar (1) Djohar Arifin (1) Eastern Hills Regency (1) El Clasico (1) El Loco (1) Emilio Audero Mulyadi (1) Essien (1) Euro (1) Fans (1) Fashion (1) Febri Haryadi (1) GPS (1) Garut (1) Gaya Hidup (1) Gereja (1) Girlband (1) Gucci (1) Gun n Roses (1) Gunung Galunggung (1) Gus Hanson (1) Halim Mahfudz (1) Hariono (1) Harry Potter (1) Hewan (1) Hitler (1) Honda (1) Idul Fitri (1) Iran (1) Islam (1) Ivan Krstanovic (1) JW Marriot (1) Jaksa (1) Java Jazz (1) Jazz (1) Jennifer Dunn (1) Jepara (1) Jessica (1) Jodoh (1) Juventus (1) KPK (1) Kamar (1) Kamar Tidur (1) Kampung Gajah (1) Kate Middleton (1) Kejahatan (1) Ketupat (1) Kim Kurniawan (1) Korban (1) Koruptor (1) LA Galaxy (1) Ladi Diana (1) Lady Wash (1) Lebanon (1) Lemot (1) Lenovo (1) Leon Benko (1) Liga 1 Indonesia (1) Lumajang (1) Madura (1) Mafia (1) Maladewa (1) Malaikat (1) Manga (1) Marco Simic (1) Maria Takagi (1) Matilde Mourinho (1) Matsunaga (1) Meksiko (1) Miss Dunia (1) Mitos (1) Model (1) Nasional (1) Nepal (1) Neverland (1) News (1) Nganjuk (1) Nicolas Vigneri (1) Nikah siri (1) Nikita Mirzani (1) Nil Maizar (1) Nokia X (1) Nova Arianto (1) Osama (1) PC World (1) PS Tira Persikabo (1) PSIS Semarang (1) Pangeran William (1) Pantai Kartini (1) Pasang Iklan Banner (1) Pasutri (1) Pelatih (1) Pelayan (1) Penjahat (1) Permen Karet (1) Piala AFC (1) Piala Champions (1) Pipit (1) Piramida (1) Pocong (1) Puerto Rico (1) Qatar (1) RIM (1) Real Madrid (1) Rebecca Black (1) Robbie Gaspar (1) Roma (1) SMK (1) Samsung M10 (1) Samurai X (1) Sarah White (1) Satpam (1) Segitiga Bermuda (1) Sejarah (1) Selandia Baru (1) Selena Gomez (1) Senjata (1) Sentul (1) Sentul Nirwana (1) Shalke04 (1) Sistar (1) Siswa (1) Sleep Paralysis (1) Sora Aoi (1) Sriwijaya FC (1) Stefano Lilipaly (1) Stevie Wonder (1) Storm (1) Suap (1) Syawal (1) T36 (1) TKW (1) Taiwan (1) Tas (1) Tidur (1) Tilang (1) Tina Talisa (1) Torch 9800 (1) Transformers (1) Tugu Tani (1) Ular (1) Ular Pyhthon (1) Universitas (1) Valentino (1) Vanga (1) Vdeo (1) Velope Vexia (1) Venesia (1) Versace (1) Wanita Indonesia Cantik (1) Warren Buffet (1) Wayne Rooney (1) Xperia (1) YFI (1) Younghusband (1) Zumi Zola (1) adsense (1) alligator gar (1) batu bulu macan (1) beli emas (1) blackberry Q5 (1) boca juniors (1) burberrys (1) camat (1) canon (1) carlton cole (1) catenaccio (1) ceramah UAS (1) christian gonzales (1) daftar harga (1) dajjal. ISL (1) david copperfield (1) dita fakhrana (1) donald trump (1) driver (1) emas batangan (1) erick thohir (1) espn (1) everton (1) forbes (1) freebitcoin (1) gadai emas (1) gadai istri (1) game of thrones (1) ganteng (1) gerardo bedova (1) gol (1) google adsense (1) grapari (1) hakim (1) halving day (1) hang (1) harga blackberry (1) harga emas (1) harga handphone (1) hipnotis (1) hobi (1) iPhone (1) ijo garut (1) ikan hias (1) iklan jadul (1) indramayu (1) inves emas (1) ip2770 (1) ipad (1) ipanelonline (1) iron man (1) isi survei (1) istilah blackberry (1) izrail (1) jennifer kurniawan (1) jessica kumala wongso (1) jomblo (1) kaos (1) kartu merah (1) kata kunci (1) kaya (1) kecubung (1) keluarga (1) kemeja (1) keyword (1) khasiat (1) khasiat petai (1) kimia (1) kisah (1) koleksi. aneh (1) korea utara (1) kosa kata baru (1) kosin (1) kriteria (1) kroasia (1) kung fu Panda (1) kurnia mega (1) kursi (1) lajang (1) lcd (1) liga champions (1) lowongan kerja (1) luis milla (1) magis (1) mama lauren (1) manado (1) manchester city (1) mars (1) mata-mata (1) mati suri (1) media sosial (1) meliani (1) menabung (1) menteri (1) metallica (1) mewah (1) michael essien (1) millatfacebook (1) motivasi (1) multimedia (1) mumi (1) muslim (1) neurplogi (1) notebook (1) oppo (1) otak (1) pakistan (1) palsu (1) parodi (1) paskibra (1) pencuri (1) pengobatan kanker (1) perbaikan (1) piala walikota padang (1) picture (1) pns (1) point blank (1) polteng (1) power balance (1) pra piala asia (1) predator thronos (1) ps tira (1) rambut sehat (1) raphael maitimo (1) real madrid (1) relasi (1) resensi (1) resep masakan praktis (1) resep pizza (1) review (1) risty (1) ruko (1) rumah hantu darmo (1) samsung (1) sandera (1) sarung (1) seleksi (1) semarang (1) semen padang (1) sewa (1) shalat (1) shevchenko (1) sianida (1) sinem kobal (1) sirsak (1) skor pertandingan (1) soekarno (1) spareone (1) spesifikasi pc (1) spritus (1) standar (1) star wars (1) striker persib (1) suchao nuchnum (1) sujud (1) sungi dareh (1) suriah (1) tanah (1) tekno (1) televisi (1) televisi jadul (1) telkomsel (1) tempat tidur (1) terbang (1) timnas u19 (1) tools SEO (1) tragis (1) tren (1) tristan alif (1) tuah (1) ular python (1) usher (1) virus (1) virus korona (1) vitor saba (1) walter mazzarri (1) wanita idaman pria (1) warnet (1) warung kopi (1) william overtoom (1) willian overtoom (1) windows XP (1) yaman (1)